6 Cara Menangani Karyawan yang Malas Bekerja

malas bekerja
Credit score : https://www.beecloud.id/kenali-masalah-yang-membuat-karyawan-anda-malas-bekerja/

6 cara menangani karyawan yang malas bekerja – Sebagai atasan, Anda tentu ingin semua karyawan anda rajin bekerja kan? Akan tetapi, selalu saja ada karyawan yang malas bekerja. Dengan begitu, dikhawatirkan tugas pokok dan fungsi dari karyawan yang bersangkutan terganggu. Selain itu, kinerja secara umum di dalam perusahaan juga tidak menutup kemungkinan ikut terganggu. Harus segera ditangani agar tidak terjadi hal-hal yang diinginkan. Namun, bagaimana cara menanganinya?

#1 Mengevaluasi Kinerjanya

Kinerja tiap karyawan di sebuah parusahaan pasti akan selalu dipantau dan dievaluasi. Jika dibuat sebuah diagram, pasti grafiknya akan turun naik. Hal itu dikarenakan kinerja seseorang dalam bekerja juga dipengaruhi banyak faktor.

Kemungkinan karyawan yang turun grafiknya karena bermasalah dengan urusan pribadi di luar kantor. Jika ada kondisi karyawan seeprti itu sudah seharusnya dilakukan pembinaan. Sementara itu, evaluasi kinerja juga bisa dijadikan batasan untuk memberikannya reward and punishment.

#2 Panggil Karyawan yang Bersangkutan

Utarakan pengamatan Anda terhadap perilaku dan kinerja dia. Sampaikan juga bahwa Anda siap membantu dia untuk kembali rajin bekerja.

Yang perlu Anda ingat saat pemanggilan tersebut adalah menciptakan suasana kondusif sehingga bawahan malas tersebut nyaman berdiskusi atau tidak terintimidasi.

Hindari juga memarahinya karena itu bukan solusi masalah, malah bisa membawa masalah lain.

#three Ketahui Penyebab Kemalasan

Umumnya karyawan yang malas bekerja disebabkan oleh masalah pribadi atau masalah pekerjaan.

Masalah pribadi bisa mencakup ketidakharmonisan keluarga, gangguan kesehatan, kebiasaan buruk, atau kekurangan finasial.

Sementara itu, masalah pekerjaan dapat berupa beban pekerjaan yang berlebihan, konflik dengan rekan kerja, peralatan kerja yang tidak ada atau tidak standar, lingkungan kerja yang tidak aman, dan penilaian kinerja yang tidak objektif.

Setelah mengetahui penyebab karyawan malas bekerja, sampaikan solusi yang sekiranya tepat.

#four Sampaikan Manfaat dan Kerugian

Seperti yang mungkin Anda ketahui, motivasi seseorang bertindak ada dua yaitu mendapatkan manfaat atau menghindari kerugian (kesengsaraan).

Anda dapat memotivasi karyawan Anda dengan menyampaikan hal-hal baik untuk dirinya dan perusahaan jika dia kembali rajin bekerja. Dengan mengetahui hal-hal baik, diharapkan karyawan bersangkutan sadar bahwa kontribusi dirinya sangat penting sehingga segera memperbaiki kinerjanya.

Selain itu, beritahukan juga kerugian atau konsekuensi dari malas bekerja. Tentunya ini adalah kebalikan dari keuntungan rajin bekerja di atas.

#5 Pantau Perkembangannya

Salah satu aspek yang membuat atasan berwibawa adalah kemampuan memantau atau mengontrol. Oleh karena itu, pantau perkembangan bawahan tersebut secara berkala, misalnya sekali dalam dua minggu.

#6 Beri Peringatan

Pemberian peringatan adalah langkah terakhir yang harus dilakukan kalau keempat langkah di atas tidak berhasil.

Agar berjalan baik, peringatan ini harus berlandaskan peraturan perusahaan atau undang-undang dan diputuskan bersama pihak personalia dan serikat pekerja (jika sanksi tersebut relatif berat, misalnya Surat Peringatan 2 ke atas).

Selain itu, atasan juga dapat memantau siapa saja karyawan yang akan diberi peringatan melalui sistem, salah satunya HR Software program. Terdapat fitur Warnings di dalam HR Software program yang beefungsi untuk melihat, mengatur, memantau siapa saja karyawan yang diberi peringatan. Selain fitur warnings, terdapat juga beberapa fitur menarik lainnya, diantaranya :

Fitur Menarik HR Software program yang Wajib Anda Coba

Workers

hr software
http://hrm.gaivo.co.id

Set Roles

hr software
http://hrm.gaivo.co.id

Awards

hr software
http://hrm.gaivo.co.id

Transfers

hr software
http://hrm.gaivo.co.id

Resignations

hr software
http://hrm.gaivo.co.id

Travels

hr software
http://hrm.gaivo.co.id

Promotions

hr software
http://hrm.gaivo.co.id

Complaints

hr software
http://hrm.gaivo.co.id

Warnings

http://hrm.gaivo.co.id

Terminations

hr software
http://hrm.gaivo.co.id

Workers Final Login

hr software
http://hrm.gaivo.co.id

Workers Exit

hr software
http://hrm.gaivo.co.id

Leave a Reply